Contoh Iklan Media Elektronik Dan Penjelasannya

Iklan media elektronik- bicara tentang media elektronik pada zaman sekarang ini tentu sudah tak asing lagi. Pasalnya segala sesuatu sekarang ini banyak dikerjakan melalui media elektronik.

Oleh karna itu, dengan berkembangnya zaman periklanan juga ikut berkembang dengan beragam variasi. Salah satunya adalah iklan media elektronik ini.

Untuk memahami lebih jauh lagi tentang iklan media elektronik, gudangedukasi akan mengulasnya sebagai berikut.

Pengertian Iklan Media Elektronik

Pengertian Iklan Media Elektronik

Iklan media elektronik adalah sebuah iklan yang penyampaiannya melalui media elektronik seperti televisi, radio, atau internet.

Selain itu, iklan ini bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mempromosikan produk atau jasa kepada mereka. Iklan elektronik biasanya menggunakan teknologi untuk menarik perhatian audiens dan menyampaikan pesan dengan efektif.

Dan dengan perkembangan zaman yang pesat, banyak yang membuat iklan media elektronik ini sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan. Bukan hanya perusahaan beser saja yang melakukan hal ini. Tak terkecuali para pebisnis yang baru merintis produk jualannya.

Ciri-Ciri Iklan Media Elektronik

Ciri-Ciri Iklan Media Elektronik

Ciri-ciri pokok iklan media elektronik adalah karakter iklan yang dapat dipertunjukkan, yaitu hanya sekedar suara (audio) atau suara dengan gambar (visual audio). Iklan elektronik mempunyai waktu durasi untuk memperlihatkan iklannya. Sementara itu, penggunaan bahasa dalam iklan elektronik haruslah menarik, gampang untuk orang mengerti, dan memiliki sifat persuasif (merayu).

Pemakaian bahasa dalam iklan elektronik juga harus efisien, agar pesannya dapat tersampaikan dengan mudah. Iklan elektronik memakai bahasa yang santun dan tepat. Santun memiliki arti tidak mengusik kelompok tertentu, dan tepat maknanya sesuai dengan arti iklan yang diungkapkan.

Untuk mengerti lebih dalam mengenai iklan elektronik, maka kamu perlu mengenali ciri-ciri iklan elektronik. Berikut beberapa ciri iklan elektronik.

  1. Penggunaan bahasa yang mengundang perhatian orang, gampang untuk seorang mengerti, dan mempunyai karakter persuasif. Selain itu, bahasanya santun dan sesuai target.
  2. Karakter iklan elektronik dapat berbentuk suara (audio), seperti pada radio, atau suara dengan tampilan gambar (audio visual), seperti tv.
  3. Mempunyai durasi waktu atau waktu penyiaran iklan yang pendek 10 sampai 30 detik.
  4. Pimilihan kata dalam iklan elektronik lebih banyak menunjukkan informasi penting, misalkan nama dan kelebihan produk.

⇒⇒ Baca juga: Pengertian Iklan Media Cetak, Jenis-Jenis dan Contohnya

Ciri Ciri Bahasa Pada Iklan Media Elektronik

Dalam 4 ciri-ciri iklan di atas sudah kami jelaskan jika satu satu ciri-ciri iklan elektronik ada dalam kebahasaan. Bahasa iklan yang memikat calon customer sebagai target dari pemilik usaha.

Adapun ciri-ciri kebahasaan yang ada pada iklan media elektronik ialah:

  • Iklan memakai bahasa dan penentuan kata yang pas, rasional, dan santun. Dapat kita simpulkan, iklan elektronik harus memakai kalimat atau teks yang pas untuk mendeskripsikan produk sama sesuai iklan.
  • Penggunaan bahsa dalam iklan elektronik juga harus yang bisa memberi sugesti ke customer untuk memakai produk yang hendak dijajakan.
  • Pemakaian kalimat harus memiliki kandungan informasi yang pasti berkenaan sebuah produk itu, agar customer bisa mengerti barang atau jasa yang dijajakan.
  • Pemilihan kosakata dalam iklan harus menunjukkan target tujuan, contohnya iklan untuk anak-anak (usia dini), maka memakai kalimat yang sering dipakai untuk anak-anak.
  • Memakai bahasa yang singkat, padat, terang, tetapi menarik, karena iklan pada media elektronik terbataskan waktu, tetapi jelas supaya informasinya tersampaikan secara baik.

Jenis Jenis Iklan Media Elektronik

Jenis iklan media elektronik berdasarkan media elektroniknya terbagi menjadi tiga macam.

1. Iklan Televisi

Iklan Televisi

Jenis Iklan televisi: Iklan televisi merupakan jenis iklan yang paling populer jika membandingkan dengan  semua jenis iklan elektronik. Tayangkan iklan ini dapat kita temui pada televisi dan jutaan orang di seluruh dunia dapat melihatnya.

Contohnya, sebuah perusahaan makanan cepat saji dapat membuat iklan televisi yang menampilkan produk mereka dan memberikan informasi tentang promo atau diskon yang tersedia.

2. Iklan Radio

Iklan Radio

Iklan radio: Iklan radio adalah jenis iklan yang penyampaiannya melalui radio dan audiens yang sedang menggunakan radio dapat mendengarkannya. Contohnya, sebuah perusahaan mobil dapat membuat iklan radio yang menampilkan fitur-fitur dan keunggulan dari produk mereka.

3. Iklan Internet

Iklan Internet

Iklan internet: Iklan internet adalah jenis iklan yang tampil di internet, baik melalui situs web atau media sosial. Contohnya, sebuah perusahaan fashion dapat membuat iklan internet yang menampilkan produk-produk terbaru mereka dan memberikan informasi tentang harga dan lokasi toko.

Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

1. Unsur Iklan Elektronik Radio

Iklan elektronik radio hanya mempunyai satu unsur, apakah itu? yakni unsur suara atau audio. Karena hanya memiliki satu unsur saja, iklan elektronik radio harus kita buat dengan sejelas-jelasnya untuk para pendengar.

Ini dapat kita perjelas dengan membuat naskah atau text dialog saat sebelum iklan dipublikasikan.

Tidak hanya itu, ada langkah lain untuk menegaskan dan membuat iklan radio yang dapat semakin menarik. Contohnya saja dalam iklan radio kamu tambahkan musik, dan efek suara yang lain.

2. Unsur Iklan Elektronik di Televisi

Telah kami terangkan sebelumnya jika iklan radio hanya mempunyai satu unsur saja, pada iklan elektronik media televisi ada beberapa unsur berbentuk audio dan visual atau suara dan gambar.

Pada iklan tv yang tampil bisa audiens saksikan secara jelas dan pesan yang tersampaikan juga dapat audiens ketahui secara jelas.

3. Unsur Iklan Elektronik di Internet

Iklan elektronik yang berada di internet mempunyai beberapa unsur yang hampir serupa dengan iklan elektronik di tv.

Perbedaanya pada iklan internet dapat memakai satu unsur yakni suara dan juga dapat memakai unsur suara dan gambar yang kita sebutkan dengan video iklan.

Intinya pada iklan internet kedua unsur dapat dipakai baik berbentuk unsur audio atau suara atau memakai iklan dengan unsur video iklan.

⇒⇒ Baca juga: Pengertian Iklan Penawaran dan Contoh-Contohnya

Contoh Contoh Iklan Media Elektronik

Telah kita ketahui iklan elektronik ini memiliki tiga jenis. Tapi apa aja sih contohnya. Mari simak berikut ini;

1. Iklan Media Televisi

Iklan Media Televisi

Setiap penayangan iklan televisi pasti menggunakan teks yang tersusun rapih. Hal itu lah yang menjadikan audiens tertarik untuk melihatnya. Selain itu, siaran iklan televisi ini sudah pasti santun baik vidio maupun percakapan yang ada pada iklan tersebut.

Iklan yang mendidik juga dapat menarik perhatian banyak audiens. Pasalnya yang menonton televisi semua kalangan baik anak-anak hingga lanjut usia. Jadi alangkah baiknya iklan yang tayang berupa didkan atau edukasi.

2. Iklan Media Elektronik Radio

Iklan Media Elektronik Radio

Iklan yang disiarkan melalui radio ini harus dengan penyampaian yang jelas serta intonasi yang bagus. Karna iklan ini hanya mengandalkan audio saja.

Umumnya iklan siaran radio ini seperti percakapan dua orang atau lebih terkait bagusnya produk pada iklan tersebut.

3. Iklan Media Pada Vidio YouTube

Iklan Media Pada Vidio YouTube

Iklan youtube ini muncul pada pertengahan vidio yang sedang kita tonton. Secara umum iklan ini sama seperti iklan televisi, hanya saja tempat media yang berbeda. Jangkauan iklan ini mengikuti algoritma youtube yang berlaku.

4. Iklan Produk Pada Marketpace

Iklan Produk Pada Martketpace

Marketplace juga sering kita temukan iklan-iklan produk. Bentuk iklan ini sama saja hanya lebih detail dalam menjabarkan produk tersebut. Jika iklan muncul pada siaran radio juga pada dasarnya sama. Hanya saja iklan tersebut berbentuk audio yang audiens tidak bisa melihat bentuk barangnya.

Kelebihan dan Kekurangan Iklan Media Elektronik

Pada media elektronik zaman ini memang menjadi sebuah wadah iklan dengan tujuan promosi suatu produk dan jasa. Namun perlu kamu ketahui juga kelebihan dan kekurangan pada media elektronik.

Untuk memperjelas mari simak ulasan berikut ini.

Kelebihan

Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Jangkauan pasar yang luas tentu akan lebih banyak mendapatkan pembeli yang banyak juga. Selain jangkauannya yang luas kamu bisa menarik perhatian audiens dengan iklan berbentuk vidio.

Jadi, kamu cukup membuat iklan semenarik mungkin agar audiens yang menonton tertarik dan membeli produk mu atau memakai jasa mu.

Lebih Akrab Dengan Audiens

Pasalnya masyarakat sudah melekat dengan media elektronik. Hal inilah yang menjadikan segala sesuatu terasa dekat dan mudah. Calon castemer bisa langsung bertanya kepada penjual walaupun jarak anatara keduanya sangat jauh.

Dan ini yang menjadikan media elektronik lebih banyak penggemarnya dibandingkan dengan media cetak.

Kekurangan

Biaya Iklan yang Mahal

Soal biaya, iklan media elektronik terbilang sangat mahal. Karna hampir semua proses pembuatannya mengeluarkan biaya. Dari proses editing sampai tahap beriklan. Oleh sebab itulah iklan media elektronik ini mahal.

Hal ini yang menjadikan orang awam tentang internet atau pedagang kecil kebingungan dan harus mengeluarkan nominal yang cukup besar jika ingin beriklan dengan media ini.

Biaya yang banyak ini tetapi sesuai dengan apa yang penjual atau pebisnis harapkan. Jadi, jika kamu ingin berjualan perhatikan keuntungan apa yang kamu dapatkan.

Demikian penjelasan terkait iklan media elektronik beserta contohnya. Dengan penjelasan ini semoga menambah wawasan anda dan bermanfaat bagi banyak orang. Dukung terus gudangedukasi.com agar terus berkembang dan memberikan ilmu-ilmu yang menarik.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: